Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya – Kota Surabaya memang dari dulu hingga sekarang terkenal dengan hawanya yang panas dan merupakan salah satu kota besar yang paling padat di Propinsi Jawa Timur. Hal ini dikarenakan di Kota Surabaya memang banyak sekali berdiri bangunan perkantoran maupun hotel yang menjulang tinggi serta jalur lalu lintasnya juga sangat padat.  Jadi untuk merubah sedikit image dari Kota Surabaya yang terkenal padat tersebut, maka beberapa tahun terakhir pihak Pemerintah Kota Surabaya sudah mulai melakukan sedikit demi sedikit untuk menata wajah Kota Surabaya.

Saat ini Kota Surabaya sudah memiliki sedikit ruang hijau dengan adanya berbagai taman kota yang sudah mulai banyak dibangun oleh Pemerintahan Kota Surabaya. Dengan adanya sedikit ruang hijau di Kota Surabaya tentunya akan dapat mengurangi jumlah polusi kendaraan yang ditimbulkan setiap harinya. Selain itu juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif liburan yang murah meriah. Beberapa taman kota tersebut dapat dijumpai di sepanjang jalan atau di pinggir jalan raya Kota Surabaya.

Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya

Tidak hanya membuka ruang hijau berupa taman kota saja, namun Kota Surabaya juga memiliki satu lagi ruang hijau yang alami yaitu Hutan Mangrove Wonorejo. Lokasi tersebut bisa dibilang merupakan salah satu destinasi wisata yang biasa dikunjungi oleh masyarakat Kota Surabaya khususnya untuk refreshing. Hutan Mangrove Wonorejo tersebut hingga saat ini masih menjadi perhatian utama bagi Pemerintah Kota Surabaya untuk selalu menjaga kelestarian hutan tersebut dengan tujuan untuk mengurangi terjadinya abrasi yang sering terjadi di sekitar kawasan pantai timur kota Surabaya.

Lokasi Hutan Mangrove Surabaya ini tepatnya berada di Jalan Raya Wonorejo No.1, Rungkut, Kota Surabaya, Propinsi Jawa Timur. Jadi rutenya, jika dari Bandara Internasional Juanda maka Hutan Wisata Mangrove Wonorejo ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 40 menit dengan jarak sejauh 17.4 km melalui Jalan Tol Waru – Juanda. Di kawasan Hutan Mangrove Wonosari ini sering dijadikan sebagai sarana pendidikan oleh beberapa instansi untuk menjaga kelestarian alam dengan cara menanam mangrove di kawasan tersebut.

Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya yang Masih Alami dan Indah

Saat ini di area Hutan Mangrove Wonorejo ini sudah berukuran lebih dari 200 hektar dan menjadi habitat untuk 30 spesies binatang yang dilindungi, seperti kera ekor panjang dan berbagai jenis burung pantai. Untuk menuju Hutan Mangrove Wonorejo sangatlah mudah sekali, sebab sudah ada banyak penunjuk jalan untuk sampai di lokasi tersebut. Setelah sampai di kawasan Hutan Mangrove Wonorejo ini, Anda akan menjumpai pintu masuk berupa pendopo yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak. Dari area pendopo, hutan mangrovenya masih belum tampak terlihat jelas, jadi Anda harus berjalan ke arah dermaga, tempat kapal atau perahu nelayan yang akan membawa Anda menuju kawasan Hutan Mangrove Wonorejo.

Tiket masuk menuju kawasan tersebut adalah sebesar Rp 25.000 untuk orang dewasa dan Rp 10.000 untuk anak – anak. Harga tiket tersebut sudah termasuk dengan ongkos kapal atau perahu yang akan mengantarkan Anda menuju hutan. Kapasitas daya tampung kapal atau perahu tersebut mampu menampung sebanyak 35 – 40 orang dewasa, jika Anda menggunakan speedboat maka hanya berkapasitas 6 orang saja. Tentunya ongkos naik speedboat akan lebih mahal yaitu sebesar Rp 300.000 untuk sekali perjalanan.

Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya yang Masih Alami

Saat menyusuri sungai menuju hutan, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih alami dan akan terdengar sejumlah hewan liar maupun burung yang berkicau dan beterbangan. Hal yang sangat disayangkan adalah masih banyaknya sampah yang mengambang di sungai tersebut. Jadi pastikan untuk selalu menjaga kebersihan. Perjalanan hanya membutuhkan waktu 15 menit saja dan Anda akan disuguhi indahnya pemandangan hutan mangrove.

Uniknya, Anda bisa menyusuri jembatan anyaman bambu yang sudah tersedia untuk menyusuri kawasan hutan mangrove, sesampai di ujung perjalanan maka akan dijumpai gazebo untuk beristirahat. Selain kapal dan gazebo, Hutan Mangrove Wonorejo juga memiliki sejumlah fasilitas lain, seperti musholla, toilet, area penjualan batik mangrove, dan restoran.

hutan mangrove surabaya, mangrove surabaya, tiket masuk hutan mangrove surabaya, Wisata mangrove surabaya, taman mangrove surabaya, hutan mangrove sby, hutan mangrove surabaya 2016, mangrove wonorejo, taman mangrove, hutan mangrove wonorejo surabaya, wisata mangrove, tiket masuk mangrove surabaya 2016, hutan mangrove wonorejo, tempat wisata yg alamii manggrof, Mangrove wonorejo surabaya, mangrove surabaya rungkut, artikel hutan mangrove surabaya, deskripsi hutan mangrove wonorejo, jln menuju mangrove sby dari aloha, hutan manggrove sby, hutan mangrof surabaya, Hutan mangrove, hutan mangrove wonorejo berapa hektar, taman/mangrove, taman mangtove, lokasi hutan mangrove surabaya, sejarah wonorejo surabaya, sejarah mangrove surabaya wonorejo, mangrove kenjeran, mangrove wonorejo rungkut

Loading...



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *